Apa yang di maksud dengan efek pasteur?


Efek Pasteur adalah efek menghambat oksigen pada proses fermentasi.

Efek ini ditemukan pada tahun 1857 oleh Louis Pasteur, yang menunjukkan bahwa kaldu “aerating yeasted” menyebabkan ragi pertumbuhan sel meningkat, sedangkan sebaliknya, fermentasi menilai berkurang.

Efek dapat dengan mudah dijelaskan, sebagai ragi yang fakultatif anaerob dapat menghasilkan energi dengan menggunakan dua jalur metabolisme yang berbeda. Sementara konsentrasi oksigen rendah, hasil dari glikolisis, (piruvat), adalah berubah menjadi etanol dan karbon dioksida, dan efisiensi produksi energi rendah (2 mol of ATP per mol glukosa).Jika tumbuh konsentrasi oksigen, piruvat diubah menjadi asetil KoA yang dapat digunakan dalam Siklus Krebs, yang meningkatkan efisiensi sampai 38 mol dari ATP per 1 mol dari glukosa.

Di bawah kondisi anaerobik, laju metabolisme glukosa lebih cepat, tetapi jumlah ATP yang dihasilkan (seperti yang telah disebutkan) adalah lebih kecil. Ketika terkena kondisi aerobik, ATP meningkatkan produksi dan laju glikolisis melambat, karena dihasilkan ATP bertindak sebagai alosterik inhibitor untuk jalur.

Jadi, dari sudut pandang produksi ATP, sangat menguntungkan bagi ragi untuk menjalani Krebs Cycle dalam kehadiran oksigen, karena lebih banyak ATP dihasilkan dari kurang glukosa. Produksi yang cepat etanol (dan cepat kehabisan gula), di sisi lain, mungkin menganugerahkan sebuah keuntungan di alam liar karena efek penghambat etanol pada mikroba lain.

Semua proses yang digunakan dalam alkohol produksi ini disimpan dalam kondisi anaerobik, sedangkan perkembangbiakan ragi untuk biomassa dilakukan dalam kondisi aerobik, kaldu menjadi bercampur dengan udara.

materi referensi:

http://en.wikipedia.org/wiki/Pasteur_effect

Tag: ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: